Jumat, 19 Juni 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KD 3.9 MATERI CERPEN

Rencana pelaksanaan pembelajaran atau disingkat RPP adalahpegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada hari tersebut. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisi pengaturan yang berkenaan dengan perkiraan atau proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, kemungkinan pelaksaan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah direncanakan ataupun tidak karena proses pembelajaran bersifat situasional.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah               : MAN KOTA MOJOKERT

Mata Pelajaran              : BAHASA INDONESIA

Kelas/Semester             : XI/1

Tahun Pelajaran            : 2019/2020

Materi Pokok                : Cerita  Pendek

Alokasi Waktu              :8 Jam Pelajaran @45 Menit  (3X Pertemuan)

 

A.    Kompetensi IInti

KI 3         :Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniorastyle="font-family: "times new roman", serif; font-size: 12pt; letter-spacing: 0.15pt;"> dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,  kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4         :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.   Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)


Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek

 




                3.9.1Mengidentifikasi struktur teks cerpen

       3.9.2 Menelaah teks cerita pendek berdasarkan kaidah kebahasaan teks cerpen.

         3.9.3 Mengidentifikas unsur intrinsic dan ekstrinsik teks cerpen

4.9 Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.

 

4.9.1        Menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek.
4.9.2        Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun


C.           Tujuan Pembelajaran

1.        Melalui penugasan berkelompok,, peserta didik dapat menentukan struktur cerita pendek yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

2.        Melalui penugasan berkelompok, peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan teks cerpen yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

3.        Melalui penugasan berkelompok, peserta didik dapat mengidentifikas unsur intrinsic dan ekstrinsik teks cerpen yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

4.        Melalui penugasan individu, peserta didik dapat Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

5.        Melalui penugasan individu, peserta didik dapat menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek  yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

6.        Melalui penugasan individual, peserta didik dapat menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun secara tulis.

 

D.           Materi Pembelajaran

a.       Isi cerpen

b.      Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen

c.       Unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik cerpen

d.      Kebahasaan cerpen

-Majas

-Peribahasa

-Ungkapan

e.       Unsur-unsur pembangun cerpen

f.       Merekontruksi cerpen

 

E.            Pendekatan, Model, dan Metode

Pendekatan                         : Saintifik

Model pembelajaran           : Discovery Learning

Metode                               : Penugasan, ceramah, diskusi

 

F.            KegiatanPembelajaran

1.Pertemuan pertama:

 

No

Keterangan/Sintaks

Alokasi

Waktu

1

Pendahuluan

 

 

1.      Guru memberi salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

2.      Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

3.      Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

4.      Guru memberikan apersepsi keterkaitan materi hari ini dengan pertemuan sebelumnya

5.      Guru mengaitkan materi dengan manfaat dalam kehidupan sehari-hari

6.      Guru menyampaikan KD, tujuan pembelajaran, materi dan bentuk penilaian

7.      Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran dilakukan.

15

2

Kegiatan Inti

 

 

1.      Mengamati

Peserta didik dengan penuh rasa tanggung jawab  membaca teks cerita pendek dengan teliti.

2.      Menanya

Peserta didik dengan penuh rasa tanggung jawab, jujur, dan percaya diri, bertanya jawab dengan pendidik tentang kesulitan yang dialami  berkaitan dengan materi ciri kebahasaan, unsur intrinsik dan unsur ekstrindik cerpen.

3.     Mengumpulkan informasi/ mencoba

Peserta didik dengan penuh rasa tanggung jawab, jujur, dan percaya diri, menjawab setiap pertanyaan yang berkaitan dengan materi ciri kebahasaan, unsur intrinsik dan unsur ekstrindik cerpen.

4. Mengasosiai/ menalar

Peserta didik dengan penuh rasa tanggung jawab, jujur, dan santun menyampaikan pendapatnya tentang ciri kebahasaan, unsur intrinsik dan unsur ekstrindik cerpen.

5. Mengomunikasikan

Peserta didik dengan penuh rasa tanggung jawab, jujur, dan percaya diri mendata hasil yang didapat tentang ciri kebahasaan, unsur intrinsik dan unsur ekstrindik cerpen dan dikumpulkan dikertas lembaran.

60

3

Kegiatan Penutup

 

 

1.    Guru mengajak peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan dan ditulis dalam buku catatan masing-masing.

2.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

3.    Menginformasikan materi dan tugas untuk pertemuan selanjutnya

4.    Salah satu peserta didik memimpin doa untuk mengakhiri pelajaran

5.    Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.

15

 

 

2.Pertemuan Kedua:

 

No

Keterangan/Sintaks

Alokasi

Waktu

1

Pendahuluan

 

 

1.    Guru memberi salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

2.    Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

3.    Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

4.    Guru memberikan apersepsi keterkaitan materi hari ini dengan pertemuan sebelumnya

5.    Guru mengaitkan materi dengan manfaat dalam kehidupan sehari-hari

6.    Guru menyampaikan KD, tujuan pembelajaran, materi dan bentuk penilaian

7.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran dilakukan.

15

2

Kegiatan Inti

 

 

Pertemuan kedua

 

1. Mengamati

Peserta didik dengan penuh rasa tanggung jawab, jujur, dan percaya diri mengamati video “Tas Baru untuk Adik” dengan teliti.

2. Menanya

Peserta didik dengan penuh rasa tanggung jawab, jujur, dan percaya diri bertanya tentang kesulitan berkaitan dengan materi menyusun cerpen berdasarkan unsur pembangun teks cerpen

3. Mengumpulkan informasi/ mencoba

Peserta didik dengan penuh rasa tanggung jawab, jujur, dan percaya diri membuat teks cerpen berdasarkan unsur pembangun teks cerita pendek.

60

 

Pertemuan ketiga

 

4.      Mengasosiasi/ menalar

Peserta didik dengan penuh rasa tanggung jawab, jujur, dan percaya diri menyampaikan pendapat tentang membuat teks cerpen berdasarkan unsur pembangun teks cerita pendek.

60

 

Pertemuan keempat

 

5. Mengomunikasikan

Peserta didik dengan rasa penuh tanggung jawab, percaya diri, dan jujur mempresentasikan hasil pekerjaan yang telah dibuat dan direvisi sesuai masukan yang diberikan dari pendidik atau peserta didik lain.

60

3

Kegiatan Penutup

 

 

  1. Guru mengajak peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan, utamanya terkait KD
  2. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  3. Menginformasikan materi untuk pertemuan selanjutnya
  4. Salah satu peserta didik memimpin doa untuk mengakhiri pelajaran
  5. Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.

15

 

6.      Media, Alat/Bahan, danSumberBelajar

Media                     : Cerpen

Alat / Bahan           : LCD, Proyektor, laptop, infocus

 

SumberBelajar    :

1.        Kosasih, E. 2016Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

2.        Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi diri dan Akademik. Jakarta:Kemendikbud

 

7.      Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan

1.Teknik Penilaian

Teknik penilaian: Tes tulis dan penugasan

Bentuk penilaian: Uraian

2.      Instrumen Penilaian

Pertemuan pertama (Pengetahuan), Pertemuan kedua (keterampilan)

 

Penilaian Pengetahuan

Kisi-kisi soal

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik penilaian

Bentuk Penilaian

HOTS / LOTS

Nomor Soal

Instrumen

3.9.1        Mengidentifikasi struktur teks cerpen

Tes Tertulis

Uraian

HOTS

1

Identifikasilah struktur teks yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad!

3.9.2        Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks cerpen.

 

Tes Tertulis

Uraian

HOTS

2

Identifikasilah unsure kebahasaan yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad!

3.9.3        Mengidentifikasi unsur intrinsik teks cerpen

Tes Tertulis

Uraian

HOTS

3

Identifikasilah unsure intrinsik yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad!

 

RUBRIK PENILAIAN

 

Aspek yang Dinilai

Skor

1

Mengidentifikasi struktur teks yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad

·          Peserta didik mengidentifikasi struktur teks yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad sangat tepat

·          Peserta didik mengidentifikasi struktur teks yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad tepat

·          Peserta didik mengidentifikasi struktur teks yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad kurang tepat

·          Peserta didik mengidentifikasi struktur teks yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad tidak tepat

  

25

20

15

10

2

Mengidentifikasi unsur kebahasaan yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad

·          Peserta didik mengidentifikasi unsur kebahasaan yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad dengan sangat tepat

·          Peserta didik mengidentifikasi unsur kebahasaan yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad dengan tepat

·          Peserta didik mengidentifikasi unsur kebahasaan yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad dengan kurang tepat

·          Peserta didik mengidentifikasi unsur kebahasaan yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad dengan tidak tepat

 

25

20

15

10

3

Mengidentifikasi unsur intrinsik yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad

·          Peserta didik mengidentifikasi unsur intrinsik yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad sangat tepat

·          Peserta didik mengidentifikasi unsur intrinsik yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad dengan tepat

·          P Peserta didik mengidentifikasi unsur intrinsik yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad dengan kurang tepat

·          Peserta didik mengidentifikasi unsur intrinsik yang ada dalam cerpen “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad dengan tidak tepat

 

25

20

15

10

 

Jumlah

75

 

Nilai=Jumlah Skor yang Diperoleh  x 100

                                    75

PENILAIAN KETERAMPILAN

Kisi-kisi soal

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik penilaian

Bentuk Penilaian

HOTS / LOTS

Nomor Soal

Instrumen

     Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun

 

 

 

 

Buatlah sebuah cerita pendek dengan memperhatikan struktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya.

     Soal

    Buatlah sebuah cerita pendek dengan memperhatikan struktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya!

    Pedoman Penskoran

No

Aspek yang Dinilai

Skor

1

Membuat cerita pendek dengan memperhatikan struktur cerita

·          Jika peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan struktur cerita dengan sangat tepat

·          Jika peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan struktur cerita dengan tepat

·          Jika peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan struktur cerita dengan kurang tepat

·          Jika peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan struktur cerita dengan tidak tepat

 

25

20

15

10

 

Membuat cerita pendek dengan memperhatikan unsur cerita

·          Apabila peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan unsur cerita dengan sangat tepat

·          Apabila peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan unsur cerita dengan tepat

·          Apabila peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan unsur cerita dengan kurang tepat

·          Apabila peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan unsur cerita dengan tidak tepat

 

25

20

15

 10

 

Membuat cerita pendek dengan memperhatikan kaidah kebahasaan

·          Apabila peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan kaidah kebahasaan dengan sangat tepat

·          Apabila peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan kaidah kebahasaan dengan tepat

·          Apabila peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan kaidah kebahasaan dengan kurang tepat

·          Apabila peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan kaidah kebahasaan dengan tidak tepat


25

20

15

10

                                                                   

N=Jumlah Skor yang Diperoleh  x 100

                           50

 

              Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

Pembelajaran pengayaan dilakukan apabila siswa mendapat nilai ≥ 73

Soal pengayaan

a.         Teknik Penilaian            : Tes tertulis

b.        Bentuk Instrumen          : Uraian

c.         Kisi-kisi                          :

No.

Aspek

Instrumen

Skor

  1.  

Struktur

 

Tentukan struktur teks cerita pendek disertai buktinya!

15

  1.  

Ciri-ciri kebahasaan

Tentukan ciri-ciri teks cerita pendek disertai buktinya!

15

  1.  

Struktur isi

Tentukan struktur isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) disertai buktinya!.

15

  1.  

Nilai-nilai kehidupan

Tentukan nilai-nilai kehidupan disertai buktinya!

15

Pedoman penilaian

Nilai                =    total skor yang diperoleh

Pembelajaran remidial dilakukan apabila siswa memperoleh nilai  ≤ 73

Soal remedial

a.    Teknik Penilaian   : Tes Tertulis

b.    Bentuk Instrumen : Rubrik Penilaian

c.    Kisi-kisi:

No.

Keterampilan

Butir Instrumen

1

 

 

 

 

a.    Peserta didik dapat menjelaskan unsur intrinsikteks cerita pendek

b.   Peserta didik dapat menjelaskan nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek

a.    Jelaskan unsur intrinsik teks cerita pendek!

b.    Jelaskan nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek!

 

 

RUBRIK PENILAIAN

Presentasi

Skor

4

3

2

1

Menuliskan unsur intrinsik dengan sangat tepat

 

 

 

 

Menuliskan unsur intrinsik dengan tepat

 

 

 

 

Menuliskan unsur intrinsik dengan cukup tepat

 

 

 

 

Menuliskan unsur intrinsik dengan kurang tepat

 

 

 

 

Menuliskan pesan atau amanat dengan sangat tepat

 

 

 

 

Menuliskan pesan atau amanat dengan tepat

 

 

 

 

Menuliskan pesan atau amanat dengan cukup tepat

 

 

 

 

Menuliskan pesan atau amanat dengan kurang tepat

 

 

 

 


Pedoman penilaian:

        Nilai                =      total skor yang diperoleh x 4 = ................

          *)         KI dan KD Sikap Spritual dan Sikap Sosial ditambahkan untuk mata pelajaran                                         Pendididkan Agama dan PPKn.

        **)       Semua sintaksis/langkah model pembelajaran dapat lengkap pada setiap pertemuan, atau                     dapat lengkap pada beberapa pertemuan.

 

 

    Mengetahui,

    Kepala Madrasah

 

  

    Drs. Bagus Setiaji, M.Pd.

    NIP 19670208 199403 1 008

 

Mojokerto, 15 Juli 2019

Guru Mapel Bahasa Indonesia

 

  

Yuaida Dwi Fatmawati, S.Pd

NIP 19900504 201903 2 021

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar