Jumat, 19 Juni 2020

Satu Guru Satu Blog

Seberapakah pentingnya blog untuk pembelajaran?

        Era modern yang ditandai dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi telah berpengaruh besar dalam dunia pendidikan. Internet kini telah menjadi sumber belajar alternatif. Orang atau siswa bisa menggunakannya kapan dan di mana saja, tanpa dibatasi ruang dan waktu. Pembelajaran sekarang bersifat luwes, tidak harus menuntut pola baku pertemuan guru – siswa di kelas dan waktu tertentu. Perkembangan internet yang sangat pesat, dapat dimanfaatkan untuk menunjang peningkatan prestasi belajar siswa yaitu belajar melalui media alternatif Blog.

        Istilah blog umumnya merujuk pada aktivitas dunia tulis menulis secara online. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
         Blog memiliki peran penting untuk menyuguhkan konten-konten yang dapat diakses pengguna online. Berbagai konten dapat dishare di dunia maya sehingga siapa saja yang terhubung dengan internet dapat mengakses dan mendownload dengan mudah.
        Manfaat blog untuk pembelajaran adalah memudahkan bagi siapapun yang ingin mendapatkan informasi tanpa harus bersusah payah mencari buku, hanya bermodal internet siapapun dapat mencari informasi apapun di dalam blog. Blog sebagai media pembelajaran yang efektif, sehingga guru harus mempunyai blog untuk media pembelajaran.
   Blog dapat menyimpan materi-materi atau bahan ajar yang relevan dengan bidang kita. Guru dapat membuat blog dan mengisinya dengan berbagai informasi yang bersentuhan dengan kegiatan pembelajaran. Beberapa informasi yang dapat diunggah di antaranya kisi-kisi materi pembelajaran, kisi-kisi soal ulangan, materi pelajaran, tugas siswa, dan lain-lain. Dengan kata lain, blog ini dapat dijadikan media pembelajaran alternatif. Media pembelajaran melalui blog memiliki banyak keuntungan. Misalnya, siswa dapat belajar materi lebih lengkap, waktu yang lebih lama, dan tentunya suasana yang lebih menyenangkan. Siswa dapat belajar di mana pun dan kapan pun, yang tentunya berbeda dengan pembelajaran konvensional selama ini berupa tatap muka di kelas.
        Saat ini banyak sekali pelatihan membuat blog secara online, salah satunya adalah workshop online Satu Guru Satu Blog. Satu Guru Satu Blog merupakan sebuah gerakan yang digagas oleh IGI dengan tujuan mendorong setiap guru mampu menghasilkan tulisan di blog tersebut. Untuk dapat mengikuti  workshop online Satu Guru Satu Blog dengan mendaftar menjadi anggota IGI. Cara pendaftarannya cukup mudah, bisa dilihat di tutorial berikut ini.


        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar